061-6614108 / 061-69998811

Fakultas

Manajemen
Mempelajari pengelolaan/ketatalaksanaan organisasi perusahaan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.
Lapangan Kerja: Manager di setiap badan usaha milik negara, swasta, asing, koperasi, lembaga sosial, konsultan, peneliti, dosen, dll.

Akuntansi
Mempelajari pembukuan/administrasi transaksi keuangan, perancangan sistem keuangan, pemeriksaan dan evaluasi kinerja keuangan organisasi usaha, organisasi sosial, dan birokrasi.
Lapangan Kerja:

  • Akuntan publik: mendirikan kantor akuntan publik untuk melayani jasa auditing, konsultasi manajemen/keuangan, perpajakan
  • Akuntan privat/swasta: bekerja pada bagian keuangan di perusahaan swasata.
  • Akuntan pemerintah: bekerja pada bagian keuangan di lembaga pemerintahan.
  • Akuntan pendidik: bekerja menjadi guru/dosen di lembaga pendidikan.

Hukum 2

Ilmu Hukum
Mempelajari kaidah dan norma yang mengatur tata tertib hubungan manusia dengan manusia, benda, negara.
Lapangan Kerja: Pengacara, hakim, jaksa, konsultan hukum, legal officer di semua jenis badan usaha, notaris, dosen, peneliti, aktivis LSM, dll.

MIPA 3

Biologi
Mempelajari tentang pengembangan sumber daya hayati dan bioteknologi. Pembagian ilmu biologi antara lain ekologi dan pencemaran lingkungan, genetika, mikrobiologi, kultur jaringan, struktur dan morfologi tumbuhan dan hewan.
Lapangan Kerja: Industri makanan dan minuman, industri farmakologi, peternakan, pertanian, kehutanan, peneliti, dosen.

Kimia
Mempelajari penerapan teori kimia dan fisika dalam perencanaan pembangunan dan operasional pabrik yang mengelola bahan melalui proses kimia dan/atau fisika. Fokus studinya membahas pengolahan bahan menjadi produk melalui proses kimia dan/atau fisika.
Lapangan Kerja: Tenaga ahli maupun manajerial di semua jenis industri, lembaga pemerintah, lembaga akademik, lembaga riset, dosen, dll.

Matematika
Mempelajari tentang konsep-konsep dasar yang berhubungan untuk pengembangan matematika, baik sebagai ilmu maupun sebagai alat untuk pengembangan ilmu-ilmu lain seperti fisika, kimia, biologi, teknik, ekonomi, dan lain sebagainya.
Lapangan Kerja: Aktuaris, manajer operasi, biometri, persandian, perusahaan komputer, bank, BPS, dosen.

Fisika
Bersifat multidisipliner karena menghubungkan sains dengan teknologi serta antar berbagai bidang teknologi. Memperlajari analisa gejala alam/fisik dan penerapannya dalam bidang teknik. Merupakan dasar ilmu teknik untuk mengetahui, merencanakan, mengelola, dan mengoperasikan berbagai teknologi, meliputi bidang fisika, kimia sampai kedirgantaraan.
Lapangan Kerja: Semua pekerjaan yang terkait dengan merancang & mengembangkan alat medis, komputer, elektronika, media komunikasi. Mencari & menafsirkan isi perut bumi. Meningkatkan mutu produk industri.

Sistem Informasi
Mahasiswa mempelajari penyimpanan data dalam suatu sistem komputer dan mampu mengolah data mentah (basis data) menjadi suatu informasi terpadu yang salaing berhunungan sesuai dengan perintah yang diberikan yaitu sistem informasi.
Lapangan Kerja: Konsultan, Tenaga ahli dalam perusahaan, Staf perusahaan telekomunikasi, dll

Sistem Komputer
Mahasiswa mempelajari konsep dan teori ilmu komputer yang meliputi perancangan dan evaluasi sistem berbasis komputer, spesifikasi dan desain perangkat lunak maupun perangkat keras sistem komputer.
Lapangan Kerja: Konsultan, Tenaga ahli dalam perusahaan, Staf perusahaan telekomunikasi, dll

Teknik 5

Arsitektur
Mempelajari ilmu perancangan bangunan baik desain interior maupun eksterior yang mengutamakan seni dan kreativitas dengan pengaplikasian sistem teknologi terkini sehingga mahasiswa mampu merancang sebuah struktur bangunan yang baik dan bermanfaat bagi masyrakat.
Lapangan Kerja: Arsitek, Ahli desain interior / eksterior, Dinas pekerjaan umum, Ahli desain grafis(logo, spanduk, merek, dsb), Ahli penilai kelayakan KPR.

Elektro
Mempelajari sifat elektron dalam suatu benda dan menitikberatkan pada pengetahuan tentang energi(teknik ketenagaan listik), teknik informatika dan komputer, teknik sistem, dan teknik keisyaratan listrik.
Lapangan Kerja: Jawatan kelistrikan, Peneliti, Tenaga ahli di berbagai bidang industri, Ahli perangkat rumah tinggal(software house).

Mesin
Mempelajari ilmu dan mekanisme kerja mesin pembangkit tenaga seperti turbin, motor bakar, mesin pendingin/pemanas, kompresor, dan alat-alat industri kimia.
Lapangan Kerja: Aktuaris, manajer operasi, biometri, persandian, perusahaan komputer, bank, BPS, dosen.

Fisika
Bersifat multidisipliner karena menghubungkan sains dengan teknologi serta antar berbagai bidang teknologi. Mempelajari analisa gejala alam/fisik dan penerapannya dalam bidang teknik. Merupakan dasar ilmu teknik untuk mengetahui, merencanakan, mengelola, dan mengoperasikan berbagai teknologi, meliputi bidang fisika, kimia sampai kedirgantaraan.
Lapangan Kerja: Semua pekerjaan yang terkait dengan merancang & mengembangkan alat medis, komputer, elektronika, media komunikasi. Mencari & menafsirkan isi perut bumi. Meningkatkan mutu produk industri.

SosPol 6

Ilmu Pemerintahan
Mahasiswa mempelajari ilmu-ilmu dalam sistem pemerintahan negara sehingga memiliki daya saing secara moral maupun akademis yang bermanfaat bagi masyarakat.
Lapangan Kerja: Aparat Pemerintah, Birokrat di tingkat pusat maupun daerah, Staf anggota legislatif(DPR), Anggota partai politik, Konsultan pemerintah.

Administrasi Negara
Mahasiswa mempelajari tata laksana administrasi penyelenggaraan negara dalam organisasi pemerintahan yang meliputi keuangan, perpajakan, pembangunan, kepemimpinan, kebijakan, dll.
Lapangan Kerja: Pegawai negeri, Pegawai lembaga pemerintah, Aktivis LSM, Peneliti.

Pendidikan Matematika
mahasiswa mempelajari dasar-dasar matematika, mulai dari aljabar, kalkulus, geometri, statistika, serta dasar-dasar MIPA, tentang cara mengajar yang baik serta pengetahuan akan peraturan, kebijaksanaan, dan perkembangan pendidikan.
Lapangan Kerja: guru matematika, dosen matematika, Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal, peneliti di bidang pendidikan matematika, penulis buku matematika.